769 PTPS Se-Kutim Dikukuhkan Sekaligus Orientasi Pengawasan

Foto: PTPS Se Kecamatan Sangatta Utara usai dilantik dan mengikuti orientasi (ist)

KILASKALTIM.COM- Secara setentak sebanyak 769 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se Kutai Timur dilantik yang tersebar 18 Kecamatan masing-masing.

Namun wilayah Kecamatan Sangatta Utara sebanyak 116 PTPS dari Desa Sangatta Utara, Swarga Bara, Singa Gembara dan Kelurahan Teluk Lingga terselenggara di Gedung Mesfa Mulia pada Senin (16/11/2020).

Ketua Panwascam Sangatta Utara, Aji Masyhudi saat ditemui menuturkan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan pelantikan dan orientasi bagi PTPS untuk menyiapkan pengawas yang dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Karena kondisi pamdemi Covid-19 sehingga pelaksanaan terbagi menjadi dua sesuai dengan menyesuaikan protokol kesehatan.

“Jadi sebanyak 116 PTPS se Kecamatan Sangatta Utara prosesi pelantikan terbagi dua tahap atau termin. Nantinya juga ada sosialisasi maupun bimbingan teknis (Bimtek) termasuk rapid test,” sebutnya.

Diakui, awalnya sedikit kesulitan mencari petugas sebab sesuai ketentuan yang berlaku batasan umur minimal 25 tahun sebagai syarat mutlak. Sebab tugas seorang pengawas melakukan pencegahan pelanggaran.

“Alhamdulillah hari ini kami telah memberikan materi pembekalan para pertugas PTPS. Mereka bekerja sesuai aturan yakni 23 hari sebelum hari H ditambah 7 hari setelah pengumutan surat suara,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling mengatakan PTPS diharapkan mendapatkan materi mengenai hal-hal terkait pelaksanaan pengawasan agar siap bekerja dan dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang.

Menurutnya, keberhasilan PTPS mengawal pemungutan dan perhitungan suara menjadi hasil kerja keras Bawaslu mengawal seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Tentu keberhasilan dari Pengawas TPS merupakan keberhasilan Bawaslu dalam mengawal semua proses tahapan Pilkada di Kutim. Maka PTPS harus menjalankan tugas dengan baik. Prinsip kerja yang harus dilakukan saat melaksanakan tugas,” bebernnya. (ks)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *