Lanal Sangatta Gagalkan Penyelundupan 12 Poket Sabu dan 35 Liter CT di Perairan Manubar Kecamatan Sandaran

Sangatta, kilaskaltim- Posmat TNI Angkatan Laut Manubar Sandaran berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis (sabu-sabu) dan minuman keras (Miras) jenis cap tikus (CT) yang dipasok dari Palangsiang Sulawesi Tengah.

Kapal KM Cahaya Berkah 77 asal Sulteng yang membawa enam orang penumpang dan sejumlah sandang pangan ternyata menyimpan 12 poket sabu siap diedarkan. Tak hanya itu, dikapal itu juga didapati 35 liter minuman keras jenis CT yang disimpan dalam jerigen.

Danlanal Sangatta Letkol Laut Osben Alibos Naibaho mengatakan kapal yang dinahkodai Dalfin bersama dua anak buah kapal (ABK) Samin, dan Yustendi hendak bersandar didermaga Seriung Desa Manubar, Kecamatan Sandaran, Kutim, pada Kamis (8/10/2020).

β€œKapal ini sudah lama menjadi incaran karena ada laporan dari masyarakat. Kurang lebih tiga bulan lamanya. Kapal tersebut tidak melapor ke Pos Lanal kemudian dilakukan pemeriksaan dan ditemukan barang bukti sabu seberat 19 gram itu disimpan dalam kantung plastik disisipkan di palka kapal dan berhasil,” ujar Osben saat jumpa pers Jumat (9/10/2020) sore.

Waktu penggeledahan petugas menemukan empat bungkus yang terbagi dalam 11 poket kecil serta ada satu bungkus besar beserta alat penghisapnya.

Dari 9 orang tersebut, 2 diantaranya dinyatakan positif menggunakan narkoba satu ABK dan satu penumpang kapal namun dari pengakuan semuanya tidak ada yang mengakui atas kepemilikan barang haram tersebut.

β€œDari sembilan orang ini tak ada yang mengakui barang itu milik siapa, namun semuanya patut dicurigai karena pasti ada yang menjadi sindikat. Saat ini kapal pun sudah diamankan dan berada di Pantai Kenyamukan Sangatta,” bebernya.

Senada, komandan Posmat Manubar, Serka Tri Mei teguh Setyawan mengatakan, pihaknya mulai menaruh kecurigaan sebab kapal KM Cahaya berkah 77 ketika melakukan bongkar muat.

“ABK tidak melaporkan ke posmat, sehingga tim kami berinisiatif melakukan pemeriksaan ke seluruh bagian kapal dan menemukan sejumlah barang bukti,” sebutnya.

Kini barang bukti berupa sabu dan miras yang dipasok dari Sulteng serta nahkoda ABK dan penumpang telah diserahkan ke Mapolres Kutim untuk di proses lebih lanjut sementara kapal KM Cahaya berkah 77 bersandar di Pelabuhan Kenyamukan Sangatta. (*)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *