HUT Satpam ke-40, APSI Kutim Komitmen Mengayomi dan Tingkatkan Kualitas Anggota

KILASKALTIM.COM- Satuan pengamanan (Satpam) menggelar acara syukuran di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 40 tahun yang diselenggarakan Aula Pelangi, Makopolres Kutim, Selasa (2/2/2021).

Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) turut hadir memberikan mengapresiasi dan berkomiten tingkatkan profesionalisme dan kompetensi satuan pengamanan menjadi profesi yang membanggakan dan bermartabat.

Ketua DPC APSI Kutim Edy S menuturkan bahwa akan lebih memperhatikan anggota Satpam, dalam hal perlindungan hukum dan peningkatan kualitas anggota melalui pelatihan sertifikasi satpam. Senantiasa memperhatikan kesejahteraan dan memberikan perlindungan hukum bagi satuan pengamanan.

Dijelaskan bahwa ada beberapa arahan dan penekanan salah satunya yakni mengenai perubahan warna seragam satpam.

“Tujuannya agar satpam secara filosopi memahami warna coklat yang identik dengan warna tanah atau bumi yang berarti netral, melambangkan sikap bersahaja, kehangatan, rasa aman, rasa percaya, ketabahan serta kejujuran,” sebutnya.

Perubahan seragam diharapkan bisa meningkatkan semangat anggota Satpam agar tetap selalu bersinergi dan solid dalam menjaga kamtibnas bersama Polri.

Berkaitan dengan pandemi Covid- 19, maka selalu mengigatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (Protkes).

“Yakni selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan di air yang mengalir, hindari kerumunan serta kurangi mobilisasi,” sebutnya.

Satpam juga diharapkan semakin termotivasi dalam menjalankan tugas selaku pengemban fungsi Kepolisian terbatas dan melindungi diri dari ancaman pandemi melalui disiplin protokol kesehatan.

Pihaknya juga mengapresiasi salah satu anggota yang telah berprestasi dalam profesi satpam.

“Alhamdulillah sesuai komitmen dalam mengayomi dan memberikan perlindungan hukum bagi satuan pengamanan juga penghargaan bagi anggota yang berprestasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, sejarah singkat APSI yang berawal bernama Asosiasi Manajer Security Indonesia (AMSI) yang dideklarasikan pada 1 Juli 2021.

Namun seiring perkembagan industrial security indonesia dirasakan adanya kebutuhan organisasi yang dapat menjadi wadah bagi seluruh profesi security.

Hingga pengurus AMSI mendeklarasikan menjadi Asosiasi Profesi Security Indonesia pada 2014. Hingga 2018 kembali mengalami perubahan nama menjadi Asosiasi Profesi Satpam (APSI). (*)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *