Novel Tity Paembonan Apresiasi Terwujudnya Puskesmas Sepaso

SANGATTA- Setelah pemerintah daerah telah menyelesaikan pembangunan Puskesmas Sepaso di Kecamatan Bengalon turut diberi apresiasi oleh Anggota DPRD Kutim, Novel Tity Paembonan yang juga seorang dokter.

“Puskesmas tersebut sangat representatif dan menjadi satu yang akan memiliki kualitas akreditasi paripurna,” ungkapnya.

Memang Puskesmas Kecamatan Bengalon tersebut nanti menjadi Puskesmas pertama yang statusnya paripurna.

“Sehingga dengan kualitas paripurna yang akan disandangnya, maka Puskesmas Sepaso Bengalon dapat memberikan pelayanan yang hampir sama dengan servis kesehatan di rumah sakit,” tuturnya.

Untuk Kutim di Kecamatan Bengalon baru ada lima Kecamatan yang memiliki Puskesmas dengan status tersebut. Diantaranya Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Karangan, Muara Wahau.

Lebih jauh ia mengatakan berbagai pelayanan khusus dimiliki Puskesmas Sepaso salah satunya adalah pelayanan rawat inap. Termasuk dengan alat-alat perawatan medisnya juga akan segera dilengkapi.

“Selain Puskesmas rawat jalan, juga berfungsi sebagai Puskesmas rawat inap rawat inap. Sekalipun memang saat ini seperti kita lihat masih ada beberapa hal-hal yang memang harus kita lengkapi dan bangun,” ucap Novel.

Mengenai masalah pelayanan jaminan kesehatan bagi masyarakat, disebutkan bahwa masyarakat Kecamatan Bengalon yang memiliki BPJS baik Mandiri maupun bantuan Pemerintah dapat menggunakan fasilitas di Puskesmas tersebut.

Sehingga berharap pihak terkait dapat segera melengkapi sarana dan prasarana Puskesmas Sepaso Bengalon sesuai dengan standar puskesmas paripurna.

“Boleh menggunakan fasilitas, jadi ini sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, jadi masyarakat yang memiliki BPJS di Sepaso, Sepaso Barat, Timur, Selatan dan lain lain itu boleh,” jelasnya.

Berharap puskesmas Sepaso dapat dilengkapi serta didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas.

Seperti ketersediaan dokter gigi, ada bidan atau perawat, ada analis dan tenaga-tenaga lain termasuk cleaning service.

“Kedua sarana prasarana yang lengkap di sini listrik air bersih, laboratorium harus lengkap disini dan alat-alat medis yang lain yang sudah harus disiapkan sesuai dengan standar puskesmas paripurna,” bebernya. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *