Gerakan Kutim Bermasker Berantas Corona

Foto: AKBP Indras Budi Purnomo, Kapolres Kutai Timur

SANGATTA- Polres Kutai Timur (Kutim) mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Gerakan Kutim Bermasker yang dilakukan secara serentak. Namun untuk di Kota Sangatta terpusat di simpang empat Patung Singa, Kecamatan Sangatta Utara, Kamis kemarin (10/9/2020).

Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo mengatakan kegiatan ini dilakukan secara serentak untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Tentu kedepan diharapkan daerah Kutim terbebas wabah Covid-19 serta dalam menyongaong Pilkada 2020 tanpa menimbulkan klaster pilkada.

“Kami bagikan sebanyak 23 Ribu masker secara serentak. Jadi ini merupakan lonceng penegasan untuk menyadarkan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,” sebutnya.

Sesuai edaran Plt Bupati Kutim maka pihaknya siap memberikan saksi sosial bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Hanya berupa sanksi sosial yang diberikan seperti menyapu jalan maupun menyanyi. Kami belum memberikan saksi berat masih mengutamakan edukasi dulu,” bebernya.

Dikatakan, penggunaan masker sudah harus menjadi gaya hidup, menjadi kebutuhan masyarakat untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan Covid-19. Dia berharap, dengan langkah yang masif ini masyarakat akan semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Gerakan ini agar terus dilakukan dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama pemerintah bahu membahu memutus mata rantai Covid 19.

Dalam momentum tersebut piahkanya juga melibatkan para pasangan calon (Paslon) yang akan maju di Pilkada Kutim 2020. Menurut Indras dengan melibatkan para paslon dalam Gerakan Kutim Bermasker itu, para paslon akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat seperti simpatisan, tim sukses hingga pendukungnya agar menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan yang dilakukan ini mulai dari upaya preventif hingga persuasif, dengan memberikan imbauan-imbauan humanis dan terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat ini,’’ katanya. (kls)

Penyunting: Tim Redaksi kilaskaltim.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *