Agusriansyah Tak Segan Berikan Kritik Konstruktif

Kutim- Ketua Bampemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Kutai Timur (Kutim), Agusriansyah Ridwan menuturkan bahwa pentingnya sinergitas DPRD dengan pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sehingga siap memberikan kritik konstruktif. Sebab Bupati dan Wakil Bupati memiliki misi-visi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Jika hal itu kita anggap memang tidak sesuai dengan regulasi yang ada pasti tetap memberikan kritikan yang konstruktif agar betul-betul menjalankan roda pemerintahan sesuai koridor” ungkap legislator PKS itu.

Dipaparkan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Kedepan akan menjadi sorotan dalam RPJMD yang akan disusun,” sebutnya.

Selaku Ketua Bampemperda yang memang bertugas untuk melakukan kajian dari berbagai macam aturan perundang-undangan di daerah, termasuk diantaranya kebijakan RPJMD.

“Kebijakan RPMJD akan dikaji, apakah betul ada kesesuaian antara visi-misi kepala daerah seperti apa yang telah disampaikan sesuai telah disampaikan ke masyarakat. Apakah ada kolerasi atau justru kontadiksi,” sebutnya.

Semisal capaian-capaian di bidang pertanian, di bidang perikanan ini jika ada tidak sesuai antara misi-visi akan koreksi.

“Kami (DPRD) merupakan bagian dari penyelenggaran pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” sebutnya.

Maka itu, DPRD akan memberikan koreksi, saran dan masukan apabila ada yang dianggap keluar dari rule regulasi yang ada. Meskipun diakui pihaknya masuk masuk sebagai partai pengusung.

“Jadi tidak ada kata keras dalam sinergitas pembangunan. Karena memang didalam rule memang yang harus dilakukan,” sebutnya. (adv/kls)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *