Polsek Kongbeng Musnahkan 19 Knalpot Racing

KILASKALTIM.COM– Polsek Kongbeng melakukan pemusnahan 19 barang bukti berupa knalpot racing hasil operasi KRYD di halaman Mapolsek Kongbeng. Rabu, (04/03/2020).

Diketahui barang bukti sebanyak 19 knalpot racing tersebut merupakan hasil kegiatan operasi rutin yang dilaksanakan oleh Polsek Kongbeng untuk menjaga keamanan, kenyamanan serta kondusifitas wilayah hukum Polsek Kongbeng. Selain itu, pelaku diberi efek jera dengan mendorong motor dari lokasi balap liar ke Polsek Kongbeng, yang jaraknya mencapai 5 Km.

Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo didampingi Kapolsek Kongbeng Ipda Hari Supranoto menyampaikan bahwa barang bukti tersebut adalah hasil dari 5 kali operasi yang dilaksanakan oleh Polsek Kongbeng atas aduan masyarakat yang terganggu oleh ulah para pembalap liar yang beraksi di Kecamatan Kongbeng.

“Selama kurun waktu Januari hingga Februari 2020, kami laksanakan operasi sebagai respon laporan dari masyarakat bahwa sering terjadi aksi kebut-kebutan dan balapan liar, dan rata-rata mereka menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan aturan,” ungkap Hari.

Ipda Hari juga menyampaikan bahwa para pembalap yang tertangkap dalam operasi tersebut untuk pembinaan dikumpulkan di Mapolsek dan orang tua masing-masing pembalap tersebut juga dipanggil sedangkan bagi yang menggunakan knalpot racing di motornya langsung di copot untuk diamankan.

Sedangkan untuk efek jera bagi para pembalap liar tersebut, lanjut Ipda Hari yang juga merupakan pemerhati kebudayaan di Kaltim ini, penindakan fisik dengan pengempesan ban motor yang digunakan para pelaku dan menggiring mereka menuju Mapolsek Kongbeng.

Sambil mendorong motor mereka masing-masing menjadi salah satu pilihan agar para pembalap liar tersebut lebih berpikir panjang sebelum membuat kegaduhan mengganggu masyarakat dan membahayakan nyawa mereka maupun pengguna jalan lainnya lewat aksi mereka menggilas aspal.

“Buat efek jera dan mengurangi keluhan masyarakat akan penggunaan knalpot racing dan balapan liar. Alhamdulillah setelah gencar kami razia dan kami beri efek jera, kegiatan tidak bertanggung jawab para pembalap liar ini berkurang, bahkan belum ada lagi terdengar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam proses penanganan balap liar di Kecamatan Kongbeng, Polsek Kongbeng mengerahkan petugas berpakaian preman yang disebar di sekitar lokasi balap liar dan juga jalan tembusan untuk memblokade para pembalap liar yang berusaha kabur dari operasi, sehingga penanganan dapat dilakukan dengan maksimal. (kls)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *