Dewan Harap Ada Grand Design Pembangunan Dongkrak Percepatan Infrastruktur

Kutim- Anggota DPRD Kutim, Agusriansyah Ridwan mengatakan Pemkab Kutim harus memiliki grand design untuk mendongkrak infrastruktur daerah sebab tak bisa dijalankan begitu saja.

“Perlu ada perencanaan yang tertata dan memang telah dilihat analisis kebutuhannya. Makanya perlu ada grand desain yang disiapkan pada masing-masing sektor,” katanya.

Hal itu agar arah pembangunan dapat tertata rapi, sehingga pemerintah agar segera dapat menyiapkan konsep atau grand design.

Sehingga diharapkan mekanisme proses pembangunan dapat terarah mencapai tujuan yang ingin dicapai.

“Misalnya di sektor infrastruktur perbaikan jalan. Tentu harus ada data yang dapat menampilkan kondisi jalan sehingga dalam penanganan dapat kucuran anggaran yang bisa disesuaikan dengan baik,” sebut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia menilai, semua itu perlu dilakukan Pemkab Kutim. Agar dalam penganggaran dapat dihitung dengan pasti kebutuhan belanja daerah.

“Sehingga tidak terjadi pembiayaan pada pos yang sama berulang-ulang dan proses belanja daerah pun lebih efisien. Alahsil pembangunan cepat merata,” sebut Agus.

Apalagi pembangunan infrastruktur jalan dapat terakomodir secara luas. Bahakn bisa memilah yang mana menjadi kewenangan Pemkab, Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Harapannya semua pembangunan ruas jalan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Kemudian ia juga mendorong komunikasi pemkab terhadap, provinsi, dan pusat dimaksimalkan. Sehingga menjadi dorongan dalam pembangunan.

“Agar kewenangan APBD masing-masing dapat berjalan. Begitu juga dengan tanggung jawab pemeliharaan infrastrukturnya,” timpalnya. (Adv/kls)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *